Cara Pengaturan Sinar Matahari untuk Hidroponik Sistem Apa Saja

Info Absurditas Kata
1
Desa Mulyasari (Karawang) Pengaturan sinar matahari untuk hidroponik memiliki peranan penting untuk sukses atau gagalnya proyek perkebunan hidroponik, baik untuk skala bisnis maupun rumahan.

Sinar matahari sebagai salah satu faktor penting dalam proses pertumbuhan tanaman, harus diatur sedemikian rupa dalam berkebun hidroponik. Bagaimana mengatur sistem pencahayaan hidroponik?

Pengaturan Sinar Matahari Hidroponik

Pengaturan sinar matahari untuk hifroponik yang harus dilakukan dari proses penyemaian benih sampai masa panen antara lain sebagai berikut:

Penyemaian Benih HidroponikKetika menyimai benih di trai semai, tutup benih yang sudah disemai dengan plastik hitam dan hindari dari terkena sinar matahari langsung. Setelah tumbuh daun sejati (2 helai) bibit boleh dikenalkan dengan sinar matahari langsung pada waktu pagi selama kurang lebih 3 jam.

Penempatan Benih ke Netpot HidroponikSetelah bibit dipindahkan ke dalam netpot, sebaiknya media hidroponik tidak terkena langsung sinar matahari. Gunakan payung dari jaring untuk mengurangi efek sinar matahari yang berlebihan.

Bak Penampungan Air Nutrisi HidroponikSatu hal yang harus diingat adalah air yang menjadi media nutrisi hidroponik tidak boleh terkena sinar matahari langsung, system hiroponik apa pun yang Anda pakai (NFT, drip, floating, wick) usahakan agar airnya tidak terkena sinar matahari langsung. Karena sinar matahari yang langsung mengenai air akan menyebabkan air cepat berlumut dan lumut akan menghabiskan nutrisi yang disediakan untuk tanaman.

Desa Mulyasari Karawang

Tiga cara pencahayaan hidroponik di atas semoga bermanfaat untuk kita semua. Silakan berbagi dengan sobat hidroponik lain. Salam kebun salam air :)
Tags

Posting Komentar

1Komentar

Posting Komentar