Cara Mudah Mendirikan Lembaga Koperasi

Info Absurditas Kata
0
Desa Mulyasari (Karawang) - Bagaimana cara mendirikan koperasi? Sebenarnya untuk bisa mendirikan koperasi ini terbilang mudah, hanya saja perlu diingat, tujuan koperasi yaitu tujuan bersama dari setiap anggota yang mendirikan koperasi.

Nyawa dari koperasi adalah gotong-royong bukan perseorangan, sehingga koperasi bukan alat untuk memperkaya diri sendiri, melainkan wadah untuk membangun kesejahteraan bersama.

Cara Mudah Mendirikan Koperasi


Ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan dengan matang sebelum Anda mendirikan koperasi, pertama mengenai esensi dari pendirian koperasi itu, harus didasari oleh kebutuhan dan kesadaran. Perlu apa tidak koperasi di daerah ini, jika perlu kenapa? Apakah sudah ada rencana usaha yang akan dijalankan? Bagaimana persiapannya seperti modal, tempat usaha dan sebagainya?

desa mulyasari, ciampel, karawang

Cara Pembentukan Koperasi
Kita andaikan semua pertanyaan di atas berakhir pada jawaban bahwa harus ada koperasi. Maka berikut ini langkah-langkah yang harus ditempuh untuk bisa mendirikan koperasi.
  • Rapat persiapan pembentukan yang menghadirkan calon pendiri, untuk koperasi primer dibutuhkan minimal 20 orang agar koperasi bisa berdiri. Kantor koperasi dan jenis usaha harus jelasa dan yang paling penting kesepahaman kebutuhan. Koperasi adalah media bagi masyarakat untuk menumbuhkna kerjasama, gotong royong dalam konteks ekonomi, sehingga sangat penting setiap pendiri memahami tujuan mulai ini.
  • Pelaksanaan rapat pembentukan. Pada rapat pembentukan di tentukan pendiri dan pengurus serta pengesahan anggota dengan cara semua pendiri menanda tangani berita acara pembentukan koperasi kemudian ditentukan pengurus koperasi, anggaran dasar ( Peraturan-peraturan Pokok), serta rencana kerja dan rencana anggaran.
  • Sosialisasikan koperasi yang baru dibentuk kepada pemerintah, calon relasi, masyarakat dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.
  • Sesegera mungkin diadakan rapat pengurus yang akan membahas program kerja, peraturan-peraturan usaha dan administrasi. Jika koperasi ingin di buatkan badan hukum maka setelah koperasi dibentuk langsung diajukan permohonan Badan Hukum Kepada Pemda TK II.
Secara prinsip, langkah pembentukan koperasi sesederhana di atas walaupun prosesnya butuh waktu dan lebih rumit. Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah  pengelolaan koperasi. Paling sedikit ada 3 hal yang harus diperhatikan dalam usaha mensukseskan koperasi, yaitu:
  • Adminstrasi yang baik, termasuk didalamnya adalah administrasi keuangan. 
  • Sumber Daya Manusia yang baik, bertagwa dan bertanggung jawab. Dan 
  • Pengelolaan anggota dan relasi yang baik. 
Untu informasi lebih lengkap mengenai syarat pendirian koperasi/pendaftaran pendirian koperasi silakan langsung meluncur ke link berikut Registrasi Koperasi.

Referensi


http://www.koperasi.net/2015/10/cara-mendirikan-koperasi.html
Sumber gambar: http://rumpunips.com/wp-content/uploads/2017/02/koperasi-indonesia-660x371.jpg
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)